10.24.2010

Materi SosPem

RINGKASAN MATERI

SOSIALISASI PEMBELAJARAN

KAMIS, 18 AGUSTUS 2008

DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA

YOGYAKARTA

Universitas adalah tempat proses pembelajaran lanjutan setelah lepas dari sekolah menengah. Dapat dilihat tidak banyak lulusan sekolah menengah yang mempunyai kesempatan melanjutkan ke perguruan tinggi karena berbagai alasan baik dari segi akademik maupun ekonomi.

Karena itu hendaknya seorang mahasiswa dapat menggunakan kesempatan yang telah didapatkan ini dengan sebaik mungkin. Sebagai seorang mahasiswa, kami dituntut untuk aktif dan kreatif serta mampu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya sehingga dapat lulus sesuai waktu yang telah ditentukan dan tentunya dengan kualitas lulusan yang baik. Dengan demikian diperlukan pula kerja keras dan pembentukan karakter pribadi melalui berbagai cara, salah satunya melalui kegiatan Sosialisasi Pembelajaran bagi Mahasiswa Baru.

Di dalamnya, kami dibekali berbagai wawasan/ketrampilan yang diperlukan untuk dapat mengembangkan diri baik saat menjadi mahasiswa maupun ketika terjun ke masyarakat. Sosialisasi Pembelajaran ini berisi thingking skill, learning skill, dan life skill dengan tetap berpegang teguh pada Al-Quran dan As-Sunnah.

  1. Mengenali diri/ profil diri

Dilihat dari sisi bentuk bangun dapat dibedakan menjadi empat, yaitu

    • Segiempat

Karakteristik: tegas, to the point, tetapi mudah patah hati

    • Segitiga

Karakteristik: cerdas, analisis tajam, tetapi licik

    • Tak beraturan

Karakteristik: adaptif/luwes, hati-hati, tetapi susah diatur

    • Lingkaran

Karakteristik: bernafsu besar

  1. Gaya belajar

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda sehingga mendapatkan tingkat pemahaman yang berbeda saat kegiatan belajar. Sospem ini membantu kami mengenali gaya belajar sendiri sehingga membantu memilih gaya belajar yang tepat. Gaya belajar dapat dibagi menjadi tiga, yaitu gaya belajar visual (penglihatan), auditorial (pendengaran), dan kinestetik (gerak/praktek secara langsung). Disebutkan pula karakteristik pembelajaran orang dewasa, yaitu

· mampu mengarahkan diri dalam proses tersebut,

· belajar sesuai dengan kebutuhan,

· mampu berorientasi dalam pembelajaran, dan

· belajar dari pengalaman.

  1. Membaca efektif

Membaca efektif dibagi menjadi dua macam, yaitu metode scanning dan skimming. Metode scanning adalah membaca dengan cepat hanya dengan membaca poin-poin penting dari bacaan tersebut, tidak secara keseluruhan. Sedangkan metode skimming adalah metode membaca cepat tanpa harus mengetahui isinya dengan banyak tapi hanya secara garis besar saja(320 kata permenit).

  1. Mencatat efektif

Mencatat adalah sebuah keterampilan, yang memerlukan keahlian tertentu. Mencatat efektif adalah salah satu keterampilan yang diperlukan oleh setiap mahasiswa agar hasil belajar dapat dimaksimalkan. Teknik mencatat ini ada bermacam-macam antara lain dalam bentuk paragraf, poin-poin penting, ataupun dalam bentuk skema atau mind map. Dan ternyata setelh dibuktikan teknik mencatat dengan skema atau mind map adalah teknik yang paling efektif.

Ayu Nala EMH

SainTek/Kimia

2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar